Cara Merangkai Bunga Hias Berbungkus atau Decorative Wrapping Floral Arrangement

Decorative Wrapping Floral ArrangementArtikel Cara Merangkai Bunga Hias Berbungkus atau Decorative Wrapping Floral Arrangement kami turunkan untuk memenuhi rasa ingin tahu para pembaca setia ESFlorist. Artikel ini merupakan bagian dari seri Tips dan Triks dari ESFlorist, sebagaimana sebelumnya telah kami luncurkan Ide-ide Penataan Bunga untuk Ruang Tamu Minimalis dan Proses Merangkai Bunga untuk Pemula.

Sering sekali ungkapan hati seseorang dinyatakan dengan bunga. Namun, pemberian bunga tanpa dirangkai atau dikemas tampaknya belum memberikan kesan indah walaupun bunga itu sendiri indah. Oleh karena itu, para seniman perangkai bunga menciptakan apa yang disebut dengan decorative wrapping floral arrangement.

Anda dapat melihat pada gambar di atas rangkaian bunga yang diikat, lalu dibungkus dengan kertas atau plastik. Jadi, decorative wrapping floral arrangement (DWFA) adalah salah satu bentuk rangkaian bunga handtied (terikat) yang dibungkus kertas atau plastik polos, berwarna, atau bermotif. Rangkaian ini kerap diberikan sebagai ungkapan penghargaan, simpati, atau terima kasih pada momen tertentu. Contohnya, DWFA dapat diberikan kepada juri lomba suatu acara, atau diberikan kepada para donatur suatu acara amal, dan lain sebagainya.

Anda dapat mempelajari teknik DWFA ini mulai dari cara yang paling sederhana. Cara paling sederhana itu adalah hanya menggunakan satu bunga (satu materi floral). Walaupun hanya menggunakan satu bunga, DWFA ini akan terlihat cukup menarik. Anda bisa menemukan rangkaian seperti ini pada momen hari Valentine, hari Ibu, dan momen yang lain. Berikut adalah langkah langkah untuk menghasilkan produk DWFA yang perlu Anda cermati dan latihkan.

Cara Memilih Materi Pembungkus

Macam-macam pilihan materi pembungkus untuk rangkaian DWFA adalah sebagai berikut:
1. Kertas polos, berwarna, atau bermotif yang tipis seperti kertas tisu.
2. Plastik transparan yang polos atau bermotif.

Perhatikanlah hal-hal berikut ini dalam memilih materi pembungkus.
1. Warna pembungkus dengan warna bunga yang akan dibungkus harus sesuai.
2. Kertas yang dipakai harus tipis

Cara memilih materi pengikat

Ciri utama dari DWFA adalah bunga yang terikat. Ada 2 macam materi pengikat bunga, yaitu cellottape untuk mengikat secara fungsional dan materi pengikat yang dekoratif, seperti pita atau tali berwarna .
Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih materi pengikat dekoratif adalah sebagai berikut:

  1. Warna materi pengikat sesuai dengan bunga yang diikat.
  2. Lebar pita sebagai pengikat sebaiknya tidak lebih dari 1 1/2 cm.

Cara Memilih Materi Floral

Sebagai pemula Anda dapat memilih cukup satu tangkai bunga sebagai materi floral. Biasanya bunga yang dipakai adalah bunga tunggal yang berukuran sedang, seperti mawar, carnation, dan sebagainya. Akan tetapi, jika ada yang mau menggunakan bunga lain, seperti anggrek juga boleh. Pemilihan bunga disesuaikan dengan acaranya, misalnya untuk acara Valentine pilihlah bunga mawar warna merah karena warna merah melambangkan cinta, sedangkan untuk acara hari Ibu bisa dipilih bunga mawar atau carnation warna yang lembut, seperti pink.

Teknik Membuat Decorative Wrapping Floral Arrangement

Sarana penunjang yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Peralatan: gunting bunga, gunting pita, gunting kertas/plastik, dan tempat air.
  • Mekanik : tube plastik ukuran standar, kertas tipis polos/berwarna/bermotif,
    plastik transparan, dan tali pengikat (selotif dan pita).
  • Materi floral: 1 tangkai bunga mawar berwarna pink.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Potong bunga mawar dengan tangkainya sepanjang 35 cm. Lalu, masukkan ke dalam tube yang sudah diisi air.
  • Potong kertas pembungkus polos berwarna pink berbentuk bujur sangkar dengan panjang dan lebar 30 cm.
  • Potong plastik transparan sepanjang 40 cm dengan lebar bagian atas 20 cm dan bagian bawah 10 cm.
  • Letakkan plastik transparan yang sudah dipotong tersebut di atas meja dan letakkan bunga mawar (yang sudah dimasukkan ke dalam tube) di atas plastik dengan posisi vertikal 5 cm dari ujung plastik.
  • Lipat plastik bagian bawah ke atas kurang lebih 85 cm menutupi tube. Kemudian, lipat ujung plastik kanan ke kiri dan ujung plastik kiri ke kanan. Kemudian, rekatkan dengan selotip. Hasilnya harus besar di atas dan ramping di bawah.
  • Selotip melingkar tepat di atas tube.
  • Ambil kertas yang sudah digunting berbentuk bujur sangkar. Carilah titik tengahnya, lalu letakkan mawar yang sudah dibungkus plastik transparan persis di titik tengah kertas tersebut. Pertemukan ujung-ujung kertas, lalu rekatkan dengan selotip tepat di atas tube.
  • Untuk pemanis ikatkan pita. Selain berfungsi sebagai dekorasi, pita juga dapat menutupi selotip agar rangkaian tersebut terlihat rapi.

Rangkuman

  • DWFA adalah rangkaian bunga yang diikat dan dibungkus dengan kertas atau plastik transparan.
  • DWFA yang paling sederhana terdiri dari hanya satu tangkai bunga.
  • DWFA umumnya dibuat untuk diberikan pada para juri lomba acara tertentu atau untuk sahabat pada momen hari Valentine atau hari Ibu.

Selain Tips dan Triks merangkai bunga, kami pun menyajikan berbagai tips lain seperti SEO Hacking pada artikel di bawah ini. Silakan ikuti artikel-artikel menarik dari ESFlorist.

Cara Merangkai Bunga Hias Berbungkus atau Decorative Wrapping Floral Arrangement
Rate this post
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.